Cara Sharing File Melalui Jaringan LAN Windows 7

Jaringan LAN memiliki kecepatan transfer mencapai 100 Mbps, jadi karena kelebihannya itu banyak perusahaan yang menggunkan LAN sebagai Protokol Jaringan Transfer Standar. Tetapi saat ini selain LAN (Loacal Area Network) perusahaan banyak juga yang sudah menggunkan Cloud Computing sebagai pendukung Komputasinya. Berikut ini saya akan jelaskan dengan simple cara sharing file melalui Jaringan LAN :

1. Siapkan kabel UTP (Unshielded twisted-pair) dan Jack RJ-45 yang telah disambungkan. Kabel tersebut dapat dibeli di toko komputer dengan harga kurang lebih 10.000 ribu 1,5 Meter UTP dan RJ-45. Jika kurang memahami tentang masalah kabel dan jaringan sebaiknya minta di sambungkan kabel tersebut kepada pegawai tokonya.

2. Dua Buah Komputer/Laptop (OS Bebas windows 7 _ Linux atau Windows 7 _Windows) disini kita akan menggunakan windows 7 sebagai Server.

3. Sambungkan Kabel tersebut, pada Socket jaringan LAN  laptop/komputer awas jangan sampai tertukar jack untuk server dan client. Hal tersebut dapat dilihat ketika kita menyambungkan kabel LAN di dua Komputer tersebut Notifikasi Jaringan pada toolbar akan terus berputar. Beda jika pemasangnnya sesuai akan terlihat tanda seru di Icon Jaringan dan Notifikasi Undefined Network akan muncul.

4. Proses Pemasangan Kabel selesai. SELANJUTNYA

Cara Setting Control Panel dan File Sharing Center Windows 7 :

A. Buka Control Panel -> Network and Internet -> Network and Aharing Center -> Change Advance Sharing Setting

Settingannya sebagai berikut baik di public Network maupun di Home Network :

1. Turn On Network Discovery
2. Turn On File and Printer Sharing
3. Turn On Sharing Anyone
4. Use 128 Byte (Recommended)
5. Turn Off Password

Setingan di atas untuk membuka file shader komputer kita, Note : Jika Percobaan diatas sudah selesai sebaiknya settingan di kembalikan ke default.

B. Cari Folder yang akan di sharing Klik Kanan Properties -> Share With -> Specific People -> Pilih Everyone -> Add -> Share 



Note : Tunggu beberapa detik system akan mengganti status folder menjadi Share

Sampai Langkah ini Folder sudah Shared selanjutnya tinggal setting komputer client untuk menerima Jaringan dan File Shader. Langkah Selanjutnya Cara Sharing File Melalui Jaringan LAN Windows 7 bag 2 (Setting Komputer Client)

0 Response to "Cara Sharing File Melalui Jaringan LAN Windows 7"

Post a Comment