Solusi Laptop Hang Macet dengan Layar Error Horizontal

Masalah Laptop Compaq Cq43 Hang/Error ditemukan Ketika saya sedang menonton film Blu-ray, lagi asik-asiknya menonton film eh tanpa sebab laptop hang berhenti dengan gambar layar ngaco dengan garis-garis besar horizontal. Setelah membaca blog para sahabat ternyata masalahnya bersumber dari VGA Card dan Overheat CPU. Kenapa saya berpikiran seperti itu, ok pada saat itu (dini hari) Laptop yang saya gunakan dipaksa untuk bekerja hampir 24 jam penuh karena mencoba menginstall beberapa Os dan Testing fitur terbaru Os tersebut. saat digunakan pada malam harinya Laptop tersebut kelelahan sehingga menimbulkan Efek error dilayar dengan garis horizontal. Berikut ini saya rangkum penyebab layar laptop hang/error horizontal :

1. Os Rusak
Solusi : Install ulang laptop tersebut sebaiknya unduh dari sumber terpercaya atau gunakan Os Open Source lebih aman.

2. Ram Rusak/Kotor
Solusi : Ganti ram atau bersihkan lempengan tembaga dari ram tersebut

3. Hard disk Rusak atau Cacat
Solusi : hardisk sudah lewat batas usia silahkan di format , atau di partisi ulang. Jika Hardisk rusak sebaiknya ganti, jalan terbaik untuk mengurangi resiko komponen lain rusak.

4. Power Supply Drop
Solusi : Pencegahan dini gunakan fun/kipas yang memiliki setidaknya 3 pendingin (kipas)

5. Debu dan Kotoran
Solusi : Bersihkan dengan teratur laptop anda untuk memperpanjang masa pakai baik keyboard atau kipas vga (untuk ahli)

Diatas adalah masalah yang sering mengakibatkan komputer/laptop hang. Cara terbaik ketika menemukan masalah tersebut dengan menekan CTRL+SIFT+Delete -> Restart jika tidak ada reaksi silahkan lepas batterai dari laptop. Setelah Kejadian Tersebut satu hal yang perlu saya  lakukan untuk kedepannya jangan terlalu membuat Sang laptop bekerja dengan tidak semestinya apalagi Overtime mau tidak mau Overheat yang dapet. Terimakasih semoga bermanfaat.

sumber : the-xp | Image : xpblog

0 Response to "Solusi Laptop Hang Macet dengan Layar Error Horizontal"

Post a Comment